Cabut Gigi Saat Hamil, Berbahaya kah?

Tuesday, December 19th, 2017 - Uncategorized

Gigi berlubang merupakan salah satu permasalahan yang sangat sering dialami oleh manusia. Berbagai macam kebiasaan yang salah disertai dengan pola konsumsi yang salah sering kali menyebabkan gigi menjadi lebih cepat berlubang. Jika sudah berlubang, maka mau tidak mau gigi pun akan terasa sakit dan salah satu jalan yang harus ditempuh untuk mengobatinya adalah dengan mencabutnya.

Gambar Foto Bahaya Cabut Gigi Saat HamilPencabutan gigi berlubang pada dasarnya bukanlah suatu hal yang berbahaya. Pencabutan gigi merupakan hal yang normal dan boleh dilakukan oleh siapa saja, selama pencabutan dilakukan dengan mengikuti saran dokter gigi dan dilakukan oleh dokter gigi yang telah berpengalaman. Meskipun begitu, dalam beberapa kondisi khusus, pencabutan gigi sering kali sangat tidak disarankan. Padahal, rasa sakit yang timbul karena gigi berlubang sering kali dapat menganggu aktivitas sehari-hari seperti menjadi malas beraktivitas atau pun menjadi tidak nafsu makan.
cabut gigi saat hamil bolehkah

Cabut Gigi Saat Hamil, Bolehkah?

Menurut beberapa sumber yang kami temui, cabut gigi pada ibu hamil pada dasarnya boleh dilakukan. Meskipun begitu, pencabutan gigi pada ibu hamil tetap tidak disarankan, mengingat beberapa resiko yang mungkin terjadi selama proses pencabutan gigi. Pencabutan gigi pada ibu hamil hanya boleh dilakukan ketika sakit gigi yang dirasakan subah benar-benar mengganggu rutinitas harian seperti menjadi sulit tidur, atau pun tidak nafsu makan.

Dalam kondisi khusus ini, pencabutan gigi pada ibu hamil diperbolehkan untuk menghindari berbagai macam resiko yang mungkin terjadi akibat rasa sakit yang ditimbulkan oleh gigi berlubang seperti resiko janin kekurangan nutrisi karena ibu hamil tidak nafsu makan, atau pun resiko bayi lahir prematur karena ibu hamil sulit untuk beristirahat / tidur.
cabut gigi waktu hamil boleh atau tidak

Resiko Cabut Gigi Saat Hamil

Meskipun boleh dilakukan, akan tetapi seperti yang telah dijelaskan di atas, pencabutan gigi pada ibu hamil dapat menimbulkan beberapa dampak negatif tertentu, seperti beberapa diantaranya adalah sebagai berikut :

Kontraksi Kehamilan
Aktivitas pencabutan gigi pada ibu hamil biasanya akan menimbulkan rasa ketakutan dan juga rasa stress. Ketika rasa takut atau pun stress terjadi secara berlebihan, maka kontraksi kehamilan mungkin saja terjadi. Dan ketika kontraksi terjadi sebelum bayi siap untuk dilahirkan, maka kemungkinan ibu hamil mengalami keguguran akan menjadi semakin besar. Tidak hanya itu, kontraksi kehamilan karena pencabutan gigi ini juga dapat membahayakan jiwa ibu hamil sendiri.
cabut gigi waktu hamil

Gangguan Penglihatan
Bagian rongga gigi dan gusi merupakan salah satu bagian pusat saraf yang ada pada tubuh manusia. Ketika gigi dicabut, maka mau tidak mau bagian pusat saraf akan menjadi sedikit terganggu. Ketika pencabutan gigi dilakukan pada ibu hamil, maka gangguan yang terjadi pada pusat saraf akan diperparah dengan perubahan hormon di dalam tubuh yang terjadi selama masa kehamilan.

Bayi Lahir Prematur
Menurut beberapa sumber yang kami temui, penggunaan obat bius dan juga obat-obatan kimia pasca pencabutan gigi dapat meningkatkan kemungkinan bayi lahir prematur. Hal ini dikarenakan, beberapa macam obat – obatan yang digunakan dalam proses pencabutan gigi dan proses penyembuhan luka pasca pencabutan gigi biasanya dibuat dari bahan kimia yang dapat mengganggu kinerja hormon penting yang beriakitan dengan kesuburan janin yang ada di dalam tubuh ibu hamil.

Pahami Juga Tentang : Mencabut Gigi Geraham Atas

Nah, itulah sedikit informasi mengenai resiko dan bahaya cabut gigi saat hamil. Jadi, ada baiknya dipertimbangkan secara menyeluruh untuk menghindari efek kesehatan sang ibu maupun bayi dalam kandungan.