Kebiasaan Buruk Jadi Faktor Utama Penyebab Karang Gigi

Saturday, December 30th, 2017 - Uncategorized

Karang gigi merupakan salah satu keluhan yang sering dialami oleh manusia. Ketika karang gigi telah terbentuk, gigi akan menjadi lebih rentan terserang bakteri penyebab gigi berlubang. Jika karang gigi dibiarkan dalam jangka waktu yang lama, maka lama kelamaan gigi akan berlubang dan pada akhirnya sakit gigi pun tidak dapat dihindari.

Untuk bisa terhindar dari masalah kesehatan gigi satu ini, Anda terlebih dahulu harus mengetahui apa saja yang jadi penyebab timbulnya karang gigi. Beberapa kebiasaan buruk yang dapat menjadi penyebab utama nya dapat dilihat pada ulasan dibawah ini.
penyebab karang gigi

Pemicu Munculnya Karang Gigi

Makanan Manis
Kebiasaan mengonsumsi makanan manis secara berlebihan juga dapat meningkatkan kemungkinan adanya karang pada gigi. Jika tidak segera dibersihkan makanan manis biasanya cenderung lebih cepat melekat di sela-sela gigi, sehingga karang gigi menjadi lebih cepat terbentuk. Tidak hanya itu, makanan manis juga dapat dimanfaatkan sebagai media perkembangan bakteri di rongga mulut dan gigi.

Malas Sikat Gigi
penyebab karang gigi cepat tumbuh
Penyebab utama terjadinya masalah kesehatan gigi satu ini adalah kebiasaan malas sakit gigi. Seperti yang kita ketahui bersama, sikat gigi dapat menghilangkan sisa-sisa makanan yang tinggal di sela-sela gigi. Ketika gigi tidak disikat dengan teratur, maka sisa-sisa makanan yang tertinggal di sela-sela gigi lama-kelamaan akan menumpuk pada permukaan gigi sehingga berubah menjadi flak dan berujung pada timbulnya karang gigi.

Sikat Gigi yang Salah
penyebab karang gigi cepat muncul
Selain malas sakit gigi, kebiasaan sakit gigi yang salah juga dapat menyebabkan timbulnya karang gigi. Meskipun sikat gigi dilakukan secara teratur, namun jika gerakan menyikat gigi dilakukan dengan cara yang salah, maka kemungkinan timbulnya karang gigi masih cukup besar.

Ketika sikat gigi dilakukan dengan cara yang tidak benar, maka sisa-sisa makanan yang menempel pada sela-sela dan permukaan gigi tidak akan hilang dengan sempurna, sehingga kemungkinan karang gigi terbentuk masih sangat besar.

Malas Berkumur
pemicu karang gigi
Berkumur setelah makan dapat membantu menghilangkan sisa-sisa makanan yang menempel pada lapisan terluar dan sela-sela gigi. Ketika seseorang malas berkumur, maka sisa-sisa makanan akan menumpuk di lapisan terluar dan juga sela- sela gigi, yang jika dibiarkan dalam jangka waktu yang lama, akan berubah menjadi flak dan karang gigi.

Kopi
faktor yang menyebabkan karang gigi
Orang-orang yang sering mengonsumsi kopi biasanya cenderung lebih mudah terserang karang gigi. Hampir sama seperti makanan manis, larutan kopi cenderung lebih mudah melekat di lapisan terluar gigi. Dampaknya, gigi menjadi lebih cepat kuning serta lebih mudah terserang flak dan juga karang gigi.

Merokok
Aktivitas merokok dapat mempercepat proses pembentukan karang gigi. Ketika seseorang merokok, maka asap yang dihirupnya melalui mulut akan mempercepat proses pengerasan sisa-sisa makanan yang ada pada sela-sela gigi. Tidak hanya itu, aktivitas merokok juga telah terbukti dapat membuat gigi menjadi tampak lebih kuning.

Ketahui Kisaran Biaya Bleaching Gigi sebelum mencobanya

Itulah beberapa faktor penyebab utama munculnya masalah karang gigi yang harus Anda coba untuk hindari. Perlu Anda ketahui, untuk bisa benar-benar terhindar dari masalah ini, Anda hanya perlu menggosok gigi dengan benar diikuti dengan penggunaan obat kumur secara rutin. Jika dua hal ini Anda kerjakan dengan rutin, maka kemungkinan karang gigi tumbuh di gigi Anda akan semakin kecil.